Cara memilih laptop sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda

Laptop adalah salah satu jenis barang elektronik yang bisa dibawa kemana-mana dan ukurannya minimalis dengan kemampuan yang canggih.

Saat ini ada berbagai banyak sekali jenis laptop dipasaran mulai dari merek, spek, harga dan fitur yang diberikannya. Banyak diantara kita masih bingung dalam memilih laptop padahal sebenarnya sangat simple sekali dalam memilih laptop hanya dengan 2 hal ini anda akan mempunyai pedoman dalam memilih laptop yaitu :

1. Untuk apa laptop itu kita beli ?

Kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri untuk apa kita membeli sebuah laptop, misalnya kita membeli laptop untuk belajar disekolah atau kampus atau untuk bekerja ataukah untuk bermain Game ?

jika kita membeli laptop hanya untuk belajar disekolah yang hanya untuk mengetik dan perkerjaan ringan lainnya tentu spek laptopnya akan berbeda dengan laptop untuk bermain game yang harus memiliki spek yang tinggi baik dari segi Prosesor, Motherboard, RAM, Baterai dan lainnya.

Dari segi tersebuat diatas tentunya laptop untuk belajar yang hanya untuk mengetik lebih murah tentunya karena spek laptopnya tidak terlalu tinggi, dan laptop yang dipakai untuk main game pastinya lebih mahal karena speknya harus lebih tinggi.

2. Berapa keuangan yang kita punya ?

Setelah kita mengetahui untuk apa laptop tersebut kita beli, kemudian kita melihat bagaimana keadaan keuangan kita saat ini, misalnya kita sudah memutuskan untuk membeli laptop dengan spek A+ misalnya tapi keuangan kita tidak mencukupi untuk membeli laptop tersebut kita harus menurunkan spek tersebut sedikit agar keuangan kita mencukupi untuk membelinya misalnya dengan memilih laptop tipe A aja tidak pake pkus nya.

Selain hal tersebut diatas ada beberapa hal yang bersifat teknis yang harus diperhatikan dalam memilih laptop seperti :

1. Pilih laptop dengan CPU terbaru karena semakin baru generasi dan tinggi spesifikasinya sebuah CPU semakin bagus, kalau bisa pilih CPU di atas core i5 (intel) atau ryzen 5 (amd),  yang terbaru untuk CPU merek intel Core i7, Core i11 atau Intel 11th Gen CPUs.
Perhatikan hasil juga benchmark untuk melihat perbandingan performancenya.

2. Pilih laptop dengan RAM antara 4 GB sampai 8 GB.  RAM singkatan dari Random Access Memory, fungsinya RAM untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.

3. Pilih laptop dengan tipe Storage Drive SSD, ada 2 macam tipe Storage Drive yaitu HDD atau Hard Drive dan SSD atau Solid state drive