Belajar React Native dengan expo untuk pemula

mobile aplikasi sekarang sudah mengalami perkembangan semakin cepat seiring dengan kebutuhan perangkat lunak yang semakin besar dengan munculnya banyak pengembang atau mobile developer dalam pembuatan mobile aplikasi baik untuk Android maupun IOS, Saat ini para mobile developer mempunyai banyak pilihan dalam memilih tool yang digunakan untuk membuat mobile aplikasi seperti Android studio, android ndk, unity3d, Qt for android, xamarin dan yang sekarang lagi naik daun adalah react native, khusus untuk artikel kali ini saya akan membahas react native dan expo untuk membangun mobile aplikasi.

Apa itu React Native ?

React native adalah sebuah framework dari Javascript yang dikembangkan oleh facebook yang mempunyai kemampuan untuk mengkompilasi sebuah aplikasi mobile ke dalam native code, baik pada Android maupun iOS.

Untuk Peralatan yang perlu dipersiapkan untuk Belajar React Native adalah:

1. Install Nodejs

Peralatan yang harus ada di dalam komputer atau laptop kita adalah Nodejs, Nodejs merupakan sebuah runtime yang digunakan untuk menjalankan program Javascript di luar browser.

Cara termudah yang dapat anda pakai adalah mengunduh paket installer pada halaman situs resmi download Node.js sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Pastikan juga proses instalasi berada pada tab LTS untuk free-users, silahkan download nodeJs installernya di Sini

Untuk proses selanjutnya, anda hanya perlu untuk menekan tombol “Next” hingga proses instalasi selesai sepenuhnya. Dan terakhir, anda hanya perlu untuk mengklik tombol “Install”  lalu tunggu hingga instalasi sampai selesai.

2. Install NPM atau Yarn

peralatan selanjutnya adalah NPM atau Yarn yang akan kita gunakan untuk mengelola project Nodejs.
NPM atau Yarn bertugas untuk membuat project, menginstal modul, menjalankan script, dll.

Kita bisa pilih salah satu, mau menggunakan NPM atau Yarn.Secara default, NPM akan terinstal di komputer kita, apabila sudah menginstal Nodejs. Sedangkan Yarn, harus kita install.

3. Install Java JDK

Karena kita membutuhkan Java JDK juga akan dibutuhkan saat kita mengkompilasi aplikasi menjadi APK, silahkan download di Sini  lalu ikuti proses instalasinya sampai selesai,

4. Install Expo CLI 

Peralatan selanjutnya yang perlu kita install adalah the Expo CLI , caranya buka command promt run as administrator lalu ketikkan “npm install -g expo-cli” lalu klik enter, tunggu proses instalasi sampai selesai.

5. Instal aplikasi klien Expo

Peralatan terakhir ada dengan menginstall aplikasi klien Expo di ponsel iOS atau Android Anda, silahkan download expo di google plastore melalui ponsel anda lalu install. aplikasi ini berguna untuk menscan barcode nanti dalam menjalankan aplikasi anda nanti.

setelah semua peralatan yang kita butuhkan selesai kita install, saatnya kita mulai membuat project pertama kita.

silahkan buka command prompt windows dengan mengetikan CMD lalu Run As Administrator lalu ketikan perintah “expo init Projectpertama” jangan ada spasi ya, Projectpertama merupakan nama project kita, biarkan prosesnya pembuatan project baru kita ini berjalan sampai selesai.

Setelah kita membuat nama projectnya lalu kita masuk ke dalam folder projectnya dengan perintah “cd Projectpertama” setelah itu ketik perintah “npm start” perintah ini akan Menjalankan aplikasi React Native yang baru kita buat jika berhasil maka akan tampak seperti gambar dibawah ini

setelah muncul seperti gambar diatas, ambil ponsel anda yang telah terinstal expo tadi lalu jalankan expo makan akan tampak seperti gambar dibawah ini

lalu klik scan QR code kemudian arahkan ke QR code yang muncul di laptop tadi.

jika semuanya berjalan lancar maka akan muncul seperti gambar dibawah ini

selamat kita sudah berhasil menginstal peralatan yang dibutuhkan dalam membangun mobile aplikasi dengan react native dan Expo serta berhasil membuat project pertama kita, semoga bermanfaat.